Pages


Monday, June 24, 2013

The Jakmania: PT LI Tidak Fair Play

SBI - PT Liga Indonesia (PT LI) resmi mengeluarkan keputusan terkait status pertandingan Persija Jakarta lawan Persib Bandung dalam lanjutan kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2012-2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (22/6) petang.

Hasilnya, laga akan digelar ulang pada 28 Agustus mendatang. Sedangkan terkit lokasi pertandingan, CEO PT LI, Djoko Driyono, menegaskan masih menunggu keputusan dari pertemuan PT LI dengan manajemen Persija Jakarta.

Keputusan yang dikeluarkan, dikatakan Joko, setelah pihaknya secara utuh mempelajari laporan yang diberikan pihak Pengawas Pertandingan (PP). Lebih jauh dikatakannya, banyak hal yang harus diperiksa. Yakni, da yang harus ditinjau dari sisi regulasi dan juga beberapa hal masuk ke ranah Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

"Ternyata, PSSI dalam hal ini PT LI begitu cepat memutuskan status hukum pertandingan Persija versus Persib. PT LI sebagai operator kompetisi ISL tidak bijak dalam memutuskan pertandingan. Katanya ingin ada perbaikan kompetisi serta prestasi sepak bola Indonesia. Miris, melihat pengurus sepak bola tidak menjalankan aturan sesuai 'manual liga'," ujar Richard Achmad Supriyanto, Wakil Ketua Umum The Jakmania.

"Dalam hal ini, tentu Persija sangat dirugikan. Seharusnya, menang WO dan bukan harus tanding ulang. Saya hanya memberi masukan dan mengingatkan pengurus PT LI supaya jangan berdiri di persimpangan. Mereka harus bisa menunjukkan sikap fair play," tukasnya.

Sementara itu, selain memutuskan untuk melakukan penjadwalan ulang, PT LI juga merekomendasikan supaya Komdis PSSI bisa menggelar sidang terkait beberapa indikasi pelanggaran disiplin pada laga tersebut.

Rekomendasi tersebut, merujuk pada laporan harian dan khusus yang dikirimkan Maurice Tuguis, selaku PP laga Persija kontra Persib, serta fakta dan pemberitaan dari media massa seputar pengerusakan bus Persib Bandung.

"Berdasarkan fakta-fakta tersebut, kami menilai adanya indikasi pelanggaran disiplin. Kini, kami sudah melaporkannya dalam surat rekomendasi ke Komdis PSSI," pungkas Tigorshalom Boboy, Sekretaris PT LI. [bolanet/vrp]

No comments:

Post a Comment