Pages


Saturday, March 2, 2013

168 SMA Berebut Tiket ke Thailand




SBI - Sebanyak 168 Sekolah Menengah Atas dari berbagai daerah akan berkompetisi di kejuaraan futsal nasional "Hydro Coco" Cup 2013 yang memperebutkan hadiah utama uang tunai sebesar Rp15 juta dan kesempatan berlaga melawan tim-tim Thailand.

Arwin Nugraha Hutasoit, manajer senior perusahaan farmasi penyelenggara turnamen ini, mengatakan di Jakarta, Sabtu, sebanyak 168 sekolah partisipan berasal dari tujuh kota dan telah diseleksi secara administrasi untuk mengikuti turnamen ini.

Dia mengatakan juara turnamen yang akan ditentukan pada babak final 29 Juni 2013 di Jakarta itu berkesempatan mengikuti kompetisi antar-pelajar di Thailand pada September 2013 selama lima hingga enam hari.

"Selain mendapat uang tunai dan trofi, tim juara akan kami berangkatkan ke Thailand dan mengikuti kompetisi disana selama lima atau enam hari. Seluruh biaya perjalanan akan ditanggung," kata Arwin.

Sebanyak 168 sekolah itu berasal dari tujuh kota yakni Jakarta, Makassar, Banjarmasin, Medan, Surabaya, Jogjakarta dan Bandung, yang masing-masing menyertakan 24 tim untuk berlaga di babak penyisihan regional sebelum ke putaran final dan babak final di Jakarta.

Sistem kompetisi pada penyisihan memberikan tim kesempatan bermain dua kali dan kemudian juara ditentukan dengan perolehan poin, pada hari terakhir.

Juara di setiap regional akan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 2,5 juta dan bertemu di babak putaran final yang berlangsung di Gedung Basket Gelora Bung Karno Jakarta pada 29 Juni 2013.

"Kita akan datangkan tujuh juara itu dari berbagai kota untuk bertanding di putaran final 29 Juni nanti, dan dibagi dalam dua grup," kata Arwin.

Arwin mengatakan tujuan kompetisi ini untuk merekatkan solidaritas antarpelajar SMA, yang kini menurutnya, kerap renggang karena hal-hal sepele dan dapat berujung pada aksi-aksi negatif seperti tawuran dan seks bebas.

Dia bertekad untuk dapat menyelenggarakan turnamen ini setiap tahun dengan jumlah partisipan yang lebih banyak.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Badan Futsal Nasional (BFN) Ricky Johanes berharap kejuaraan nasional antar SMA seperti ini dapat digelar rutin setiap tahun sebagai sarana pengembangan minat dan bakat futsal di kalangan remaja.

"Kick off" pertama turnamen ini diselenggarakan di Gedung Olahraga Ciracas, Jakarta Timur pada 2-3 Maret 2013, kemudian secara bertahap akan dilaksanakan di Makassar (16-17 Maret), Banjarmasin (30-31 Maret), Medan (4-5 Mei), Yogyakarta (11-12 Mei), Surabaya (25-26 Mei), Bandung (1-2 Juni) dan putaran final yang akan diselenggarakan di Gedung Basket Gelora Bung Karno pada 29 Juni.

Sementara, rincian hadiah turnamen ini, juara I mendapat uang tunai Rp 15 juta, trofi, dan kesempatan berlaga di turnamen futsal di Thailand. Juara II mendapat uang tunai Rp 10 juta, dan juara III mendapat Rp 7,5 juta.

Masing-masing pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik akan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 2 juta.

No comments:

Post a Comment